24 Juli, 2014

Hal - hal yang perlu diperhatikan oleh para pemudik Bermotor




Credit


Salam Ramadhan dan selamat mudik, Pemudik yang menggunakan motor harus menyiapkan hal-hal demi kemanan dalam perjalanan hingga sampai tujuan dengan selamat. karena mudik itu bukan touring!!! jadi jangan sampai lengah karena bahaya bukan hanya bisa menimpa pada diri sendiri tapi juga pada orang lain. Mulai dari melakukan pengamatan kondisi motor sebelum mudik sampai kondisi fit tubuh pengendara ketika melakukan mudik.

Berikut adalah beberapa tips ringan yang bisa kita perhatikan saat bermudik ria dengan motor.  Cek kondisi kendaraan bermotor, mulai dari kondisi rem, lampu depan dan belakang, ketebalan ban, hingga performa mesin. Jika terasa aneh, jangan malas ke bengkel untuk servis penuh.

Jangan lupa mengisi bensin kendaraan dalam keadaan full tank. Siapkan leaflet berisi peta posko ramadhan dan peta agar tidak tersesat dan bisa mengkondisikan perjalanan sesuai kebutuhan dan mendapat panduan perjalanan.

Jika membawa barang bawaan yang banyak manfaatkanlah boks belakang atau samping. Setidaknya beban bawaan anda di motor bisa ditopang oleh boks. Pakailah helm full face, atau setidaknya half face agar terlindungi dari terpaan debu dan pasir selama perjalanan.

Dalam perjalanan mudik, selalu menjaga ritme waktu berkendara. Setidaknya tiap 3 jam sekali, beristirahat selama 20 menit agar badan pulih dan segar. Jangan memaksakan diri tetap berkendara hingga ke tujuan. Kalau capek usahakan istirahat kalau perlu tidur ditempat yang aman, supaya bisa aman ajak teman anda untuk bergantian berjaga.

Jangan lupa bawa kotak P3K untuk mengantisipasi kemungkinan kecelakaan atau sakit saat di perjalanan. Sediakan peralatan mekanik apabila di tengah perjalanan motor anda mengalami masalah teknis. Simpan kontak emergensi apabila di tengah perjalanan anda menjadi korban tindak kejahatan atau kecelakaan lalu lintas.

Sesampai tujuan, jangan lupa untuk melakukan servis terhadap motor anda. Perjalanan mudik yang jauh tentu juga berpengaruh pada kondisi mesin. Apalagi motor mudik umumnya bukanlah motor turing atau jarak jauh. Jangan sampai pas pulang ke rumah malah direpotkan hal-hal yang tidak diinginkan




FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE