31 Maret, 2015

Pengertian Kabair (Dosa-Dosa Besar)

Dengan Menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Tiada permusuhan kecuali bagi orang - orang yang Zalim. Shalawat dan Salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad  Shallallahu alaihi wasallam, utusan paling mulia dan imam orang-orang bertakwa, juga kepada seluruh keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Sekarang kita akan membahas pengertian AL Kabair (Dosa-dosa besar) menurut kitab Al Kabair karangan Adz Dzahabi. Definisi kabair adalah semua larangan Allah dan Rasulullah yang tercantum di dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah, serta atsar dari para salafus shalih

Allah SWT menjamin bagi siapa saja yang menjauhi dosa-dosa besar dan perkara-perkara yang diharamkan akan diampuni semua dosa-dosa kecil yang dilakukannya Allah berfirman :











Berdasarkan nash di atas, Allah menjamin surga bagi orang yang menjauhi dosa-dosa besar, Allah juga berfirman:


Rasulullah bersabda:


Dari hal ini lazim kita untuk meneliti apa saja yang termasuk kabair agar kita bisa menjauhinya sehingga kita selamat dari kebinasaan di dunia dan akhirat. Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan jumlah kabair, ada yang menentukan tujuh dosa besar berdasarkan sabda Nabi


Ibnu 'Abbas r.a berkata, "Kabair itu jumlahnya lebih dekat kepada Tujuh puluh daripada tujuh3.

Demi Allah ucapan Ibnu 'Abbas di atas benar adanya4.  Hadits sebelumnya tidaklah membatasi jumlah kabair. Pendapat yang benar dilandasi dengan dalil menyebutkan bahwa siapapun yang melakukan perbuatan dosa yang memiliki had di dunia seperti ; membunuh, berzina, mencuri atau yang pelakunya mendapat ancaman, kemurkaan, serta laknat dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam di akhirat maka perbuatan itu termasuk kabair. Harus diterima pula bahwa kabair yang satu lebih besar dibandingkan kabair yang lain. Semisal Syirik adalah Kabair terbesar pelakunya kekal di Neraka dan tidak akan diampuni selama-lamanya, Allah Berfirman:




Sumber : 

FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE