18 Oktober, 2015

Sahkah menyembelih satu kambing untuk anak laki-laki?

Pertanyaan: Sahkah menyembelih satu kambing untuk anak laki-laki? 
Jawab: Segala puji hanya milik Allah Rab semesta alam. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Muhammad, keluarga, shahabat dan kawan-kawannya sampai hari kiamat. Amma ba’du; 
Boleh menyembelih satu ekor kambing untuk anak laki-laki ketika seseorang tidak mampu atau tidak mendapati (selain itu) berdasarkan perbuatan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (mengakikahi) Hasan dan Husain Radhiallahu ‘anhuma. Sebagaimana riwayat ini dinukil oleh Ibnu Abbas Radhiallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ((mengakikahi Hasan dan Husain (masing-masing) satu ekor domba)) HR. Abu Daud dan Nasa’i. Meskipun pada lafal yang diriwayatkan Nasa’i ((masing-masing dua ekor)) dan (yang terakhir ini) yang benar. 


Maka yang utama melebihkan anak laki daripada perempuan dengan 2 ekor kambing. Dan hal ini tidak diperselisihkan sebagaimana yang terdapat pada hadits-hadits yang lalu. Dan ini merupakan kaidah syariat, bahwa Allah melebihkan laki-laki dari perempuan dan menjadikan wanita setengah bagiannya laki-laki dalam hal waris, diyat, persaksian dan pembebasan budak. Dan perkara akikah tidak dikecualikan. 


Akan tetapi apabila tidak terpenuhi olehmu “menebus gadai” kecuali dengan satu ekor untuk anak laki, maka sah insyaAllah. 
Wallahua’lam. 
Wa’aakhiru da’waana ‘anil hamdulillahi Rabbil ‘Aalamin. 
Washallallahu ‘Ala Muhammadin wa ‘Ala Aalihi wa Shahbihi wat-Taabi’iina lahum bi Ihsan ila Yaumid-diin, wasallama Tasliima. 
http://www.ferkous.com/site/rep/Bo6.php 

FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE