24 Desember, 2014

Hukum warna pakaian

Bagaimana tentang hukum warna pakaian muslimah. karena yg saya tahu bahwa rata2 akhwat yg ngaji di salaf memakai pakaian warna gelap seperti hitam, dongker dan cokelat. apa warna2 tersebut merupakan yg disunnahkan? terus, apa sama hukumnya memakai kaus kaki dengan kaus tangan?
**************************************
Jawaban:
Alhamdulillah, wasshalaatu wassalaamu 'alaa rasulillah wa ba'du :

Sepengetahuan saya, tidak ada hadits yang menentukan warna tertentu bagi pakaian wanita, para wanita anshor lebih suka memakai warna hitam, sehingga diterangkan dalam hadits Aisyah, seakan-akan mereka seperti kepala burung gagak. Karena mereka memakai pakaian hitam.

Jadi boleh bagi wanita untuk memakai baju selain warna hitam, dengan syarat tidak ada hiasan atau bunga atau bercorak warna warni dll, sebab kalau ada, berarti itu termasuk hiasan yang harus ditutup. Syeikh Al Albani mencantumkan beberapa atsar dari salaf dalam masalah ini, ada yang makai warna merah, ada yang kuning.
Kemudian jangan pula termasuk pakaian syuhrah. Rasulullah berabda : Barangsiapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memakaikannya pakaian kehinaan di hari kiamat kemudian dinyalakan api padanya ( Abu Daud dan Ibnu Majah).
Syaukani menerangkan makna hadits ini : Hadist ini menunjukkan haramnya memakai pakaian syuhrah, dan bukannya hadits ini terkhusus pada pakaian tertentu, akan tetapi basa jadi terdapat bagi orang yang memakai pakaian menyelisihi (berbeda) adai apayang dipakai oleh masyarakat miskin agar orang melihatnya sehingga mereka heran dan ta'ajub dengan pakaiannya dan mereka yakini. (dikatakan oleh Ibnu Ruslan). Kalau seandainya memakai pakaian itu dengan maksud agar masyhur (tersohor) di kalangan manusia , maka tidak ada bedannya antara pakaian yang kwalitat tinggi atau rendah (mahal atau murah), baik sama dengan pakaian manusia atau berbeda, karena haramnya itu timbul bersama syuhrah dan terhurung adalah maksud dan niat, walaupun tidak sesuai dengan kenyataan.

Lihat kitab syeikh Al Albani Jilbab Wanita Muslimah.
Wallahu 'alam

FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE