02 Desember, 2013

Perbedaan Penting antara menulis dengan Tangan dan MEngetik pada keyboard Komputer


Apakah ada sesuatu yang hilang saat beralih dari buku ke layar komputer, dari pena ke keyboard?" demikan pertanyaan profesor Anne Mangen. seorang ahli dari Stavanger University di Norwegia, saat bertanya tentang hubungan antara menulis dengan tangan dan dampak menulis di papan keyboard komputer.


Fakta menunjukkan, ada sesuatu yang hilang dalam proses otak ketika beralih dari pena dan buku kelayar komputer dan keyboard.

Bersama degan Jean Luc, neuro fisiologi Velay di University Marseille, Anne Mangen menulis sebuah artikel yang diterbitkan dalam sebuah jurnal berkala.

Percobaan dilakukan oleh tim peneliti Velay di Marseille. Hasil penelitian menunjukkan, di saat menulis dengan tangan, ada gerakan jejak yang tertinggal di bagian otak yang disebut sensorimotor. Proses ini membantu kita mengenal huruf.

Sementara saat menyentuh dan mengetik pada komputer, menghasilkan respons yang berbeda di otak. Itu artinya tidak memperkuat mekanisme pembelajaran dengan yang sama.


Penelitian ini menyimpulkan, anak-anak dan siswa yang menulis dengan tangan lebih baik daripada mereka yang mengetik di papan komputer. Hal ini terjadi karena membaca dan menulis melibatkan sejumlah indra.

Temuan Anne Mangen, dan Jean Luc Velay diterbitkan di jurnal HAP-STICS, kutip http://www.uis.no.

Karena menulis dengan tangan membutuhkan waktu lebih lama, maka aspek temporal dari otak yang terlibat dalam bahasa juga dapat mempengaruhi proses belajar.

Nah bagi yang tidak memiliki komputer di rumah, tidak perlu bersedih hati, sebab anda masih dikaruniai kekayaan otak yang tak terwakili dilayar komputer canggih manapun.


Colis Akbar/Suara Hidayatullah dengan beberapa perubahan




FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE