Latest Products

Bismillah


ilmu mushtholah hadits adalah ilmu tentang pokok pokok dan kaidah kaidah yang dengannya diketahui sanad dan matan dari sisi diterima atau ditolak.

tema ilmu ini adalah tentang sanad dan matan untuk diketahui apakah bisa diterima atau ditolak.

Buahnya adalah membedakan antara hadits yang shahih dengan hadits yang tidak shahih.

Makna Hadits:
Hadits adalah setiap yang disandarkan kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam berupa ucapan, atau perbuatan, atau persetujuan, atau sifat.
maknanya sama dengan khobar.

Makna Atsar
Atsar adalah yang disandarkan kepada para shahabat dan tabiin berupa ucapan atau perbuatan. Dan terkadang digunakan juga untuk makna hadits.

sanad atau isnad.
Adalah rantai perawi yang menyampaikan kepada matan.
adapun isnad juga mempunyai makna menyandarkan hadits kepada yang mengucapkannya secara musnad.

Matan adalah penghujung sanad berupa ucapan, baik ucapan nabi ataupun yang lainnya.

Musnad
Ada beberapa makna:
1. Kitab yang mengumpulkan hadits sesuai nama shahabat yang meriwayatkannya. seperti musnad Ahmad dll.
2. Hadits yang bersambung sanadnya sampai kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam.
3. Semakna dengan sanad.  

Muhadits
Adalah orang yang menyibukkan diri dengan ilmu hadits secara riwayat dan pemahaman. Ia memiliki pengetahuan yang luas tentang riwayat dan keadaan perawi.

Al Hafidz
Derajat yang lebih tinggi dari muhaddits. Sebagian ulama mengatakan bahwa syarat di sebut Al Hafidz adalah apabila hafal 100 ribu hadits.
Bismillah


Hikmah di balik dosa dan bertaubat yang jarang manusia mengetahuinya.
Berkata Imam Ibnul Qayyim رحمه الله :
“Seandainya taubat bukan merupakan sesuatu yang paling Dia cintai, tentu Dia tidak akan menguji hamba-Nya yang paling mulia dengan dosa.
Karena kecintaan-Nya terhadap taubat hamba-Nya lah maka Dia mengujinya dengan dosa, agar hamba itu melakukan sesuatu yang paling dicintai-Nya yaitu taubat.
Dan sebagai tambahan atas kecintaan-Nya terhadap hamba-Nya karena sesungguhnya orang-orang yang bertaubat akan mendapatkan kecintaan khusus di sisi-Nya.”
[Madarijus Salikin : 1/306]
قال الإمام ابن القيم رحمه الله :
"ولو لم تكن التوبة أحب الأشياء إليه لما ابتلى بالذنب أكرم الخلق عليه ، فلمحبته لتوبة عبده ابتلاه بالذنب الذي يوجب وقوع محبوبه من التوبة ، وزيادة محبته لعبده ، فإن للتائبين عنده محبة خاصة“
(مدارج السالكين: ١\٣٠٦ )

- Mendakwahi mereka dengan cara menyebutkan keindahan islam dan keistimewaannya dan menyebutkan bukti bukti kebenaran risalah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

- Mendakwahi mereka dengan mengingatkan apa yang menimpa umat umat sebelum mereka berupa siksa yang pedih di dunia dan akherat.

- Dengan mengingatkan keburukan keburukan yang terdapat pada keyakinan mereka yang batil dan mengingatkan agar tidak menaati pemimpin pemimpin mereka yang menyesatkan, karena itu semua akan menjadi penyesalan. 

- Mendakwahi mereka dengan menyebutkan kenikmatan kenikmatan Allah yang banyak, dan bahwasanya  Allahlah yang bersendirian dalam menciptakan alam semesta. Maka Dialah yang wajib untuk diibadahi dan ditaati.

- Menjelaskan sebab sebab terhalangnya mereka untuk mengikuti kebenaran, yaitu mencari kedudukan dan kepentingan pribadi. Dan ketika mereka lebih memilih kebatilan, Allah stempel mati hati mereka dan menutup jalan jalan hidayah untuknya.
NUKTOH jangan sampai lalai di awal dan di akhir ramadhan
Khutbah yang mantap.
Durasinya tak lebih dari 7 menit.
Bahasanya indah, isinyapun padat. 
Diantara pesannya adalah, "
"Bila engkau kehilangan awal ramadhan, maka jangan sampai engkau kehilangan akhirnya.
Bila engkau lalai pada awalnya, maka kini masanya untuk bersungguh-sungguh.
Genapi segala kekuranganmu disisa ramadhan yang ada."
Demikian intisari khutbah DR. Sholah Al-Budair hari ini.
Catatan:
Bukan soal bagaiamana awalnya, tapi bagaimana akhirnya.?
Semoga Ramadhon kita husnul khotimah...
Amiin...
__________________
Madinah 19 Ramadhan 1437 H
ACT El-Gharantaly

Dari Aisyah radliyallahu 'anha berkata,
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdiri sholat dengan memakai baju yang mempunyai hiasan.
Setelah selesai sholat, beliau bersabda:
"Bawa baju ini kepada Abu Jahm, dan bawakan baju ambijaniyah (baju kasar dan polos), karena hiasannya membuat aku lalai dalam sholatku tadi".
(HR. Bukhari no. 373 dan Muslim no. 556)

Al 'Izz bin Abdissalam berkata,
"Makruh sholat di atas sejadah yang berhias dan bergambar..".
(Fatawa al 'izz bin abdis salam hal. 68)

Ash Shon'ani berkata, "Hadits ini dalil yang menunjukkan makruhnya semua yang membuat lalai dalam sholat berupa hiasan dan lainnya, yang menyibukkan hati".
(Subulussalam 1/151)

***
 Sumber : Dari Kitab akhthaa al mushalliin hal. 65-66 karya Syaikh Masyhur Hasan Salman)

Ditulis oleh Ustadz
   Badrusalam, Lc
               
 BBG? Al-Ilmu


pertanyaan:
Ustad, menurut ustad hadits dloif itu boleh diamalkan nggak?

Jawab:
Para ulama berbeda pendapat apakah boleh mengamalkan hadits dloif dalam fadlilah amal atau tidak?
Sebagian ulama berpendapat boleh, bahkan imam Nawawi mengklaim adanya ijma'. Namun klaim tersebut tidak benar karena perselisihan dalam masalah ini masyhur.

Alasan mereka adalah kehati hatian, karena perawi yang lemah terkadang benar dalam periwayatannya.

Namun al hafidz ibnu Hajar dalam kitab tabyiinul ajab berpendapat bahwa pendapat yang membolehkan harus diberikan tiga syarat:
1. Tidak boleh sangat lemah.
2. Tidak boleh diyakini kesunnahannya.
3. Tidak boleh dimasyhurkan.

Sebagian ulama berpendapat bahwa hadits dloif tidak boleh diamalkan.
Alasannya bahwa hadits dloif memberi keraguan di hati. sedangkan Nabi memerintahkan kita untuk meninggalkan sesuatu yang meragukan.
dan ini adalah pendapat imam Bukhari dan Muslim.
Inilah pendapat yang kuat. Karena hadits yang dlof hanya menghasilkan dzon yang lemah, sedangkan Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:yang artinya :

Jauhi olehmu dzonn, karena dzonn adalah sedusta dusta perkataan. (HR Bukhari).

FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE